Blingify.com - Photography Backgrounds

Kamis, 10 Januari 2013

Density

Definition: A factor that influences individuals in a population in a manner that does not vary with the extent of crowding present in the population.
Density atau kepadatan adalah banyaknya populasi dalam satu ruang. Pola rekruitmen merupakan pola dalam penambahan stok individu dalam populasi. Bila dikaitkan, maka density independent akan mempengaruhi pola rekruitmen suatu populasi. Sebuah populasi akan merubah kebiasaan mereka seiring dengan perubahan lingkungan. Umumnya dinyatakan sebagai jumlah individu atau biomas persatuan luas atau volume. Contoh: 100 ekor ikan Lele Dumbo per meter persegi atau 25 Copepoda per liter air laut dan lain-lain. Densitas juga dapat digunakan untuk mengetahui perubahan populasi pada suatu saat tertentu (berkurang atau bertambah).
Densitas populasi dalam ekosistem dapat diukur dan ditentukan melalui dua cara yaitu:
1. Densitas kotor (Crud density) merupakan jumlah individu suatu populasi per satuan areal seluruhnya.
2. Densitas efektif atau dikenal sebagai kerapatan ekologi merupakan jumlah individu suatu populasi per satuan ruang habitat
Densitas populasi apabila fluktuasinya diperhatikan maka akan dapat digunakan untuk menentukan faktor-faktor yang mengontrol ukuran dari populasi. Faktor-faktor tersebut dikenal dengan istilah faktor kepadatan bebas (density independent) dan faktor kepadatan tidak bebas (density dependent).
Faktor – faktor yang mempengaruhi density independent :
1. Erupsi gunung berapi akan menimbulkan lahar panas yang mengaliri sungai-sungai dilereng gunung.
2. Kekeringan yang melanda Keramba Jaring Apung di waduk akan membuat kadar salinitas meningkat karena suhu panas akan mempercepat evaporasi, hal ini akan membuat ikan stres dan mati.
3. Hujan deras yang bersifat asam akan membuat nilai pH perairan bergeser kemudian akan berdampak pada populasi ikan yang peka terhadap perubahan pH.
4. Perubahan iklim yang ekstrem akan membuat pertumbuhan ikan relatif stagnan atau bergerak lambat.
5. Berubahnya rantai makanan akan membuat struktur populasi ikan berubah.
  1. Suhu perairan yang tidak stabil akan mempengaruhi distribusi dan kemampuan reproduksi ikan. 
    Contoh: Tsunami yang menimpa sebagian Aceh dan Sumatra Utara akan mematikan semua anggota populasi tertentu termasuk populasi ikan. Secara umum ketersediaan makanan merupakan density dependen, demikian juga kompetisi, penyakit dan peristiwa migrasi. Density dependen merupakan pendorong terjadinya fluktuasi kepadatan populasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar